Sunday, December 18, 2011

Saya dan Psikologi

Semakin hari saya semakin tertarik untuk mempelajari ilmu Psikologi, mudah-mudahan nanti saya bisa kuliah di Fakultas Psikologi. menurut saya, mempelajari psikologi itu menyenangkan, kita belajar banyak hal tentang perilaku manusia, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kepribadian seseorang, perilaku, dan sosial kemanusian, dll. Psikologi lebih cenderung ke ilmu sosial seperti yang sedang saya pelajari di sekolah, saya berada di jurusan IPS. Psikologi juga mempunyai banyak manfaat, psikologi adalah ilmu yg penting untuk dipelajari, bagaimana bisa kita mengetahui seorang anak adalah anak indigo, autis dan lain-lain kalau belum di tes secara psikologi. Psikologi juga mengajarkan saya banyak hal, semua tentang perilaku manusia adalah mencakup ilmu psikologi, meski pun saya belum belajar psikologi secara permanen, setidaknya saya sudah tau apa itu psikologi. Selama ini saya hanya belajar psikologi di internet, searching dan browsing setiap ada waktu senggang. Saya memang belum mengerti betul tentang psikologi, tapi nanti kalau sudah kuliah di Fakultas Psikologi saya akan mempelajari psikologi lebih lanjut, insya Allah :)

Cita-cita saya adalah ingin menjadi seorang Psikolog, hobi saya menulis. Untuk menjadi seorang Psikolog tidaklah seperti membalikkan telapak tangan, ada jenjang pendidikannya di Fakultas Psikologi. Saya ingin melanjutkan study di Fakultas Psikologi karena saya ingin memanfaatkan Ilmu Sosial yg saya dapat di sekolah, orang IPS cenderung lebih bisa mempelajari Psikologi. Saya ingin meneruskan ilmu sosial agar dapat dikuasai. banyak orang IPS yang memilih mengambil kuliah Ilmu Kesehatan/Perawat, menurut saya itu melenceng, saya tidak mengatakan salah atau tidak boleh. Buat apa kita berada di jurusan IPS kalau nanti ingin masuk STIKES, itu berati  IPS selama dia di SMA tidak terpakai lagi, dan menurut saya itu sia-sia. Karena STIKES/Perawat itu mempelajari IPA, sedangkan jurusan yg diambil di SMA adalah IPS, itu sama saja menyia-nyiakan ilmu yg sudah didapat. tapi itu terserah anda :)
Saya lebih memilih melanjutkan IPS saya di perguruan tinggi nanti dengan ada di Fakultas Psikologi, walau pun tidak semua pelajaran di IPS saya kuasai, seperti Accounting, hehee
Masih ada waktu untuk belajar, sekarang masih kelas XI ada satu tahun lagi waktu untuk mendalami IPS sebelum ke perguruan tinggi. Seseorang bisa menguasai satu, dua, tiga, empat hal, dst, tetapi seseorang tidak bisa menguasai segala hal, kutipan dari kartun "Spongebob Squarepant" (Sandy).
Jadi, seseorang itu dikatakan cerdas dalam satu, dua, tiga, empat hal, dst, tetapi seseorang itu tidak bisa dikatan cerdas dalam segala hal. Itulah manusia, ada kelebihan dan pasti ada kekurangannya juga, begitu juga dengan anda, saya, dan semua orang, kita menguasai satu, dua, tiga hal, dst tetapi tidak akan bisa menguasai segala hal.

No comments:

Post a Comment