Thursday, August 18, 2011

Indonesia Merdeka

Sebenarnya saya mau nulis ini kemaren, tapi karena gak sempat saya baru bisa menulis hari ini. Disini saya ingin menyampaikan pendapat saya dan sesuatu yg ada dihati saya, berhubung kemaren Independence Day. Dulu, saya kurang mengerti arti kemerdekaan itu, karena saya juga masih dibawah umur, dan sekarang tetap masih dibawah umur. Jujur, saya kurang menghargai sebuah kemerdekaan, seperti tidak terlalu perduli, tapi sekarang, rasa nasionalisme saya mulai bangkit dan saya mendengar banyak cerita tentang rakyat Indonesia dimasa penjajahan Belanda dan Jepang. Saya berpikir dan merenungkan, kalau saja sampai saat ini belum merdeka, mungkin saya tidak akan bisa sekolah seperti sekarang, dan mungkin semua rakyat Indonesia tidak mempunyai agama atau biasa disebut ATHEIS karena PKI. Itu membuat saya bersyukur karena sekarang kita semua sudah dapat hidup BEBAS. Kalau saja masih dijajah, mungkin kita gak akan makan tiga kali sehari dan akan kelaparan karena panen padi dirampas oleh penjajah Jepang. Pemuda jaman sekarang tidak memikirkan bagaimana perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia pada jaman Penjajahan. Kita tidak berperang, kita hanya menikmati kemerdekaan yg sudah diperjuangkan oleh Pahlawan-Pahlawan dan mereka rela MATI demi merebut kemerdekaan. Hargailah mereka, ada satu hal yg membuat saya KECEWA, orang-orang dan termasuk warga komplek tempat saya tinggal sama sekali tidak menghargai kemerdekaan. Mereka acuh tak acuh dan yg saya liat disekitar tempat tinggal saya (gak termasuk di gang/blok disebelah, karena saya gak melihat seisi komplek) TIDAK ADA SATUPUN YG MENGIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH kecuali rumah saya, dimana pemikiran mereka, dimana rasa terimakasih mereka, ataukah di 'pantat'? (semoga saja TIDAK). Padahal warga-warga sekitar sini kebanyakannya ORANG YG BERPENDIDIKAN, tapi pendidikan apa?? Hal sepele kayak gini aja GAK NYAMPE DI OTAK MEREKA, mereka memang lebih tua dari saya, SAYA INI HANYA PELAJAR SMA yg tak mengerti banyak, tapi mereka yg disebut 'ORANG BERPENDIDIKAN' nyatanya pemikirannya 'DIBAWAH STANDAR ANAK SMA' seperti saya. Tak hanya di komplek tempat tinggal saya, masih banyak diluar sana yg KURANG MENGHARGAI HARI KEMERDEKAAN, mereka pikir gampang apa mengibarkan bendera merah putih jaman penjajahan, harusnya SYUKURI sekarang, kita bisa menaikkan bendera sesuka hati, mau tiap hari dinaikkan, besoknya diturunkan, lusa dinaikkan lagi, gak ada kan yg MATI TERTEMBAK karena menaikkan bendera, coba aja menaikkan bendera jaman penjajahan NYAWA MELAYANG. Veteran-veteran juga seharusnya lebih diperhatikan oleh pemerintah, tanda jasa atau piagam itu TIDAK TERLALU BERARTI, itu tidak membuat hidup mereka menjadi LAYAK. Seharusnya pemerintah memberikan dana yg cukup untuk para veteran-veteran yg nyaris kehilangan nyawa mereka demi kemerdekaan, saya tau para veteran itu memang diberikan dana tunjangan veteran, tapi nilainya tidak seberapa. Dibandingkan dengan nilai pembangunan-pembangunan yg GAK PENTING oleh pemerintah, seperti pembuatan patung Barack Obama, dan masih banyak yg lainnya. Saya memang dibawah 17 tahun, mungkin saya seharusnya tidak berhak untuk berpendapat seperti ini, tapi saya hanya menyampaikan apa yg terpendam didalam hati saya. Sebagai pelajar, saya tentunya merasa miris mendengar nasib para veteran itu, dihari tua mereka, seharusnya mereka menikmati kemerdekaan atas jerih payah mereka dan hidup dengan tempat tinggal yg layak. Tapi apa yg saya lihat, mereka hidup jauh dari layak, lihat saja rumah para veteran itu, sangat sangat sangat sederhana. Pemerintah memang masih memperdulikan mereka, tapi tidak maksimal, saya tau tugas pemerintah tidak hanya mengurus veteran-veteran itu, masih banyak tugas mereka yg lain yg tidak kalah penting, tapi 'APAKAH VETERAN-VETERAN ITU TIDAK KALAH PENTING JUGA????' Tentunya mereka juga penting, kalu tidak karena perjuangan mereka, kita tidak akan hidup bahagia. Kita mungkin menjadi orang-orang bodoh karena tidak sekolah.
Sebagai pelajar saya tidak dapat berbuat banyak, yg dapat saya lakukan hanyalah belajar untuk masa depan bangsa, dan menghargai para pejuang yg amat berjasa itu. Terimaksih atas perjuangannya para pemuda Indonesia dijaman penjajahan, terimakasih sudah membuat Indonesia merdeka. SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH BANYAK UNTUK PAHLAWAN-PAHLAWAN INDONESIA.



Tertanda:
PELAJAR SMA

No comments:

Post a Comment