Thursday, September 29, 2011

My Birthday

Hari ini aku 16 tahun, tidak ada yg istimewa hari ini. Tidak ada party, tidak ada birthday cake, tidak ada kado, dan yg ada hanya ucapan-ucapan 'happy birthday' teman-temanku di facebook dan twitter. Aku memaang tidak terlalu mengharapkan yg aku sebutkan diatas tadi, tapi aku sedih, kenapa dihari ulang tahunku nampak biasa-biasa saja, tidak dirayakan dan bahkan orang rumah tidak tau kalau aku hari ini ulang tahun. Aku ingin kebahagiaan, aku ingin sesuatu yg luar biasa hari ini. Tapi itu semua hanya sebuah harapan dan tidak akan menjadi kenyataan. Aku ingin hari ini berkesan, tapi tak ada yg bisa diandalkan. Aku tak mengharap dapat kejutan dari teman-teman, aku juga tidak mengharap kado dari mereka, buat apa aku mengharap semua itu, aku ini kan gak penting? Aku hanya mengharapkan dapat kebahagiaan dari orang-orang disekitarku, apa itu permintaan yg terlalu sulit untuk dikabulkan? Itu cuman permintaan sederhana, aku ingin dibuat bahagia, walau hanya hari ini saja. Aku memang tidak berarti apa-apa, tak ada yg menyayangiku, semuanya tak perduli. Aku memang terlalu mudah untuk dilupakan, aku memang tak pantas untuk bahagia. Hari ini bukan hari kebahagiaanku, hari ini aku menangis karena itu. Seandainya tidak ada tanggal ulang tahun, mungkin aku tidak akan sedih seperti ini. Aku tidak berharap banyak, mulai sekarang aku tidak akan berharap apa-apa lagi. Aku terlalu sulit menemukan orang y perduli denganku, sebenarnya apa salahku? Untuk mendapatkan satu hari kebahagiaan saja sangat sulit. Hari ulang tahunku yg ke 16, hanya aku sendiri yg merayakannya dalam kesedihan. Semua orang ingin bahagia, aku juga. Tapi kebahgiaan sangat sulit menghampiriku, siapa yg tidak sedih kalau dihari ulangtahunnya dia tidak deberikan kebahagiaan. Sudahlah, tak ada gunanya aku menangis, membuang-buang air mata saja. Aku tidak ingin lagi mengingat tanggal dibulan september, karena ada hari ulang tahunku. Aku ingin melupakan hari itu. Aku tidak ingin lagi sedih karena tidak diperdulikan. Aku juga tidak punya sahabat, karena tidak ada yg pantas menjadi sahabatku. Okee, HAPPY BIRTHDAY FOR ME AND ALL THE BEST FOR ME ALWAYS :')

Wednesday, September 14, 2011

Puisi Gombal

ini adalah puisi gombal karya gue, entah apa yg memotivasi gue untuk menulis ini, puisinya gombal gilaaaa :D


Bunga itu indah, tapi tak seindah dirimu
matahari memberi cahaya untuk bumi
tapi hanya kamu yang bisa memberi cahaya dihatiku
kendaraan yg selalu melintas dijalan,
tak sesering dirimu yg selalu melintas dalam pikiranku

aku rela bikin pesawat
cuma buat terbang menuju hatimu
samudera dan lautan memang dalam,
tapi tak sedalam cintaku untukmu
senyummu seperti pakai AC
yang bikin adem hatiku

kalo boleh, aku mau minta nomer rekening
buat transfer hatiku kehatimu
aku mau bertanya padamu
apakah kamu punya kuda yg larinya kencang?
pantes susah banget buat mengejar kamu
kalo aku dikasih satu permintaan
aku maunya bisa memiliki kamu

seandainya disekolah ada pelajaran tentang bagaimana mencintaimu
mungkin aku yg rangking satu
tersesat dihutan bisa pakai kompas
tapi tersesat dihatimu tidak akan pernah ada jalan keluarnya
dapet undian itu sudah biasa
tapi bisa dapetin kamu itu luar biasa
bagiku, musim itu cuman ada satu
yaitu musim untuk selalu merindukanmu

Puisi Cinta Anak IPS

Wahai Kekasihku..
Debetlah cintaku di neraca hatimu
Kan ku jurnal setiap transaksi rindumu
Hingga setebal Laporan Keuanganku

Wahai kekasih hatiku...
Jadikan aku manager investasi cintamu
Kan ku hedging kasih dan sayangmu
Di setiap lembaran portofolio hatiku
Bila masa jatuh tempo tlah tiba
Jangan kau retur kenangan indah kita
Biarlah ia bersemayam di Reksadana asmara
Berkelana di antara Aktiva dan Passiva

Wahai mutiara kalbuku
Hanya kau lah Master Budget hatiku
Inventory cintaku yang syahdu
General Ledger-ku yang tak lekang ditelan waktu

Wahai pangeranku...
Rekonsiliasikanlah hatiku dan hatimu
Seimbangkanlah neraca saldo kita
Yang membalut laporan laba rugi kita..
Dan cerahkanlah laporan arus kas kita selamanya
Jika di hari closing nanti, Tidak ada kecocokkan saldo..
mungkin cinta kita harus dijurnal balik...

Sunday, September 11, 2011

My School

aku & teman-teman...heheee


Henny dan aku diruang keterampilan tata busana ^_^


wihihiiii...

ini mah aku yg jadi photografer :D


Seru rasanya jadi anak sekolahan, walau pun tanggung jawabnya sangat besar dan harus menuntut ilmu, tapi juga menyenangkan bisa punya teman. Menikmati apa yg dijalani, karena inilah hidupku, masa sekolah itu sangat menyenangkan lohh :))

Tuesday, September 6, 2011

My Favourite Singers

Justin Bieber





Taylor Swift


Greyson Chance


Jasmine Villegas


Miranda Cosgrove


Selena Gomez


Cody Simpson


Bruno Mars

kissing Disease

Kissing Disease, nama resmi penyakit ini adalah Infectious Mononucleiosis. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Cytomelago. Virus ini terdapat di kelenjar air liur, air seni, lendir leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah.

Selain lewat berciuman, penularan penyakit ini juga dapat melalui transplantasi organ, donor darah, persalinan, serta oral seks. Diketahui bahwa virus ini sekerabat dengan Virus Herpes yang bersifat laten dalam tubuh manusia.




Hampir sebagian besar orang dewasa pernah disinggahi virus ini, umumnya ketika masih usia remaja. Di Amerika, virus ini banyak menyerang remaja putra usia 16-18 tahun, dan remaja putri usia 14-16 tahun atau rata-rata pada usia antara 15-25 tahun. Dikirakan karena pada usia sekian para remaja mulai melakukan aktifitas ciuman.

Gejala yang terjadi biasanya seperti gejala flu, yaitu demam, rasa tidak enak di tenggorokan, sering mengantuk, dan sebagainya. Tetapi gejala ini berlangsung dalam jangka yang lebih panjang, yaitu sekitar dua minggu. Dan tanpa disadari, hati dan limpa si pengidap akan membengkak.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap penyakit ini atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan darah yang disebut TORCH. TORCH adalah kependekan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomelago, dan Herpes.

Penyakit Kissing Disease ini menyerang selaput otak (meningen). Jaringan otak menjadi layu, kemudian secara perlahan-lahan sel-selnya mengalami kematian. Hal yang umum terjadi adalah berkurangnya pendengaran, gangguan penglihatan, kelumpuhan, dsb.

Jika terdapat bagian sel otak yang mati, kemudian menyerang bagian motorik otak, maka yang seperti ini dapat mengakibatkan kelumpuhan. Dalam kasus kelumpuhan, mungkin tidak terjadi serta merta begitu saja. Biasanya, fase ini terjadi perlahan-lahan.

Selain Virus Cytomegalo, ada jenis virus lain yang berpotensi ditularkan lewat berciuman, antara lain Virus Epstein-Barr, Virus Herpes-6, Virus Hepatitis, Parasit Toxoplasma, dan Virus HIV penular AIDS sendiri.

Virus Cytomegalo, Herpes-6, dan Toxoplasma, selain mengancam si empunya virus, juga dapat mengancam anak dalam kandungan. Ini hanya jika si ibu mengidap virus tersebut ketika hamil. Anak dalam kandungan tersebut terancam kelainan jantung, cacat, tuli, hydrocephalus, bahkan meninggal dunia atau keguguran. Maka dari itu, setiap ibu yang sedang mengandung janin sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah TORCH.

Walaupun virus ini sangat berbahaya dan dapat mematikan janin, tetapi virus ini pada umumnya tidak sampai mematikan orang dewasa. Tetapi belakangan ini ditakutkan virus ini dapat memicu kerusakan pada pembuluh darah koroner. Juga beberapa jenis virus yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Selain itu, ditemukan juga bahwa virus ini berpotensi menimbulkan penyakit kanker kelenjar getah bening (Hodgkin).

Tidak ada antivirus yang dapat diandalkan untuk menyembuhkan penyakit virus ini. Satu-satunya jalan yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah beristirahat total dan memulihkan sistem imun kita untuk melawan virus ini sendiri. Serta pada masa penyembuhan, pasien dilarang untuk berciuman dengan anak, istri, apalagi orang asing.

Monday, September 5, 2011

Politics of Distraction

Semua kita –terutama penggemar sinema- masih ingat dengan sebuah film produksi Hollywood dengan judul Gladiator. Sebuah film heroik yang menggambarkan kejayaan Kekaisaran Roma sebagai penguasa Eropa, Asia Tengah dan Afrika. Dikisahkan seorang Jenderal perang Kekaisaran Roma yang dikhianati Kaisar Muda Commodus yang membunuh ayahnya Kaisar Markus. Cerita pun berlanjut di sebuah Colosseum tempat bertarungnya para musuh-musuh Kekaisaran dengan binatang dan para Gladiator.

Tulisan ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk menceritakan bagaimana Russel Crowe yang memerankan Jenderal Maximus yang menjadi Gladiator yang berhasil membunuh Kaisar Commodus secara kesatria. Bukan pula ingin menceritakan keahlian bertarung Jenderal Maximus atau perilaku aneh sang Kaisar Muda. Yang menarik dalam cerita ini adalah bagaimana Kekaisaran Roma membangun sebuah bangunan yang dikenal dengan Colosseum. Sebuah bangunan tempat bertarungnya para gladiator, binatang buas dan para musuh kekaisaran. Sebuah tempat bertarung dan meregang nyawa para kesatria-kesatria musuh atau orang-orang biasa yang dianggap membahayakan kekuasaan kaisar.

Colosseum yang dibangun oleh Kekaisaran Roma tersebut kini menjadi sebuah situs sejarah kebanggaan yang terletak di Italia, malah menjadi simbol sejarah penting peradaban dunia. Tapi sadarkah kita, pendirian dan pertarungan yang terjadi di Colosseum tersebut mengandung sarat makna politik? Bukan hanya sebagai arena hiburan nyeleneh sang Kaisar, atau pun wahana pembasmian musuh-musuh kekaisaran.

Colloseum merupakan sebuah simbol politik pengalihan (Politic of Distraction) yang sengaja diciptakan, sebagai alat propaganda penting bagi rakyat. Colloseum menjadi sebuah arena hiburan yang menyedot perhatian rakyat, sehingga lupa dengan persoalan, kelemahan, tuntutan dan ancaman-ancaman yang dianggap membahayakan kekuasaan. Hiburan sadis yang ditampilkan oleh Kaisar menjadi terbukti efektif, karena Colosseum dijadikan sebagai simbol kebesaran, kemegahan dan superioritas bangsa Roma atas bangsa-bangsa jajahannya. Rakyat diberi sebuah tontonan yang luar biasa sadis, dibumbui dengan retorika-retorika dan bukti-bukti keagungan sang Kaisar dan rendahnya posisi lawan. Siapapun yang hidup pada zaman itu, pasti akan kagum, bangga, dan histeris dengan kemampuan, kecerdasan dan keagungan Kaisar beserta Pasukan Romawi yang gagah berani. Siapapun yang menyaksikan tragedi-tragedi sadis yang ditampilkan akan terkesima, bahkan lupa dengan persoalan-persoalan bangsa yang carut-marut, tidak bermoral, rapuh diambang kehancuran akibat kemiskinan dan semakin lemahnya sistem kehidupan berbangsa.

Hal yang sama terjadi ribuan tahun setelah bangsa Roma mendirikan Colosseum. Namun kini bukan lagi dalam bentuk bangunan megah yang menampilkan kebrutalan dan kesadisan yang saat ini kita anggap tidak bermoral, tetapi dalam format yang sangat halus, sistematis, dan memanfaatkan media massa sebagai instrumen terpenting. Colloseum merupakan sebuah simbol yang menyedot perhatian dan partisipasi rakyat sehingga lupa dengan persoalan-persoalan dihadapi bangsa Romawi yang pada saat itu dalam bahaya perpecahan, kemiskinan, ketidakpercayaan dan carut-marutnya sistem sosial. Kini hal yang tak jauh berbeda terjadi. Perhatian rakyat disedot oleh peristiwa-peristiwa politik, ekonomi, sosial dan budaya bangsa yang menjauhkan kita dari substansi persoalan bangsa yang kini sedang dihadapi. Pikiran dan seluruh indera kita dipaksa untuk berkomentar, marah, senang, frustasi dan khawatir dengan drama yang ditampilkan oleh penguasa melalui media-media kita. Kita lupa, beralih atau memalingkan kepala kita untuk memperhatikan sesuatu yang secara inderawi dan moralitas memancing reaksi emosi dan rasio kita. Apalagi sesuatu yang mengalihkan tersebut sangat dekat dengan aspek-aspek tertentu yang secara psikologis dan Sosiologis sangat kita butuhkan.

Secara sadar, penguasa membangun sebuah arena dimana kita akan tersedot di dalamnya, sehingga terlupa dengan urgent nya persoalan yang sedang kita hadapi. Logika kekuasaan adalah, dinamika bangsa harus menyentuh persoalan-persoalan permukaan atau polemik non substantif sehingga mendorong sebuah perubahan evolutif. Rakyat diberi ruang dan arena, bahkan didorong untuk bermain-main di lingkaran terluar dari dinamika sosial politik, karena dinamika tersebut menjadi sumber perubahan yang tak mengobrak-abrik basis berdiri dan tegaknya sebuah bangsa. Pergolakan, ataupun sentuhan se kecil apapun yang terkait dengan fundamental eksistensi bangsa adalah sesuatu yang harus dihindari, sehingga tidak meruntuhkan struktur utama negara. Penghindaran terhadap sisi utama organisme bangsa harus dijalankan, salah satunya adalah menciptakan drama-drama menarik dan menyentuh aspek terpenting kehidupan rakyat.

Lihat saja bagaimana dinamika seluruh bangsa di dunia ini, termasuk di Indonesia. Jika kita mundur ke belakang sejenak, dan menengok dinamika sejarah bangsa, kita akan tersadar, bahwasannya politik pengalihan merupakan bumbu yang selalu mewarnai dinamika politik bangsa. Coba saja analisis secara sederhana terhadap tragedi-tragedi dan drama-drama politik, sosial dan budaya yang terjadi belakangan ini. Tidak ada sebuah kasus atau peristiwa besar yang berdiri sendiri pada sebuah massa. Kita akan menemukan gandengan drama lainnya yang biasanya lebih menarik, menyedot perhatian dan yang pasti, sangat menyentuh aspek sosiopsikologis rakyat.

Cara, strategi dan skenario pengalihan tersebut terbukti sangat efektif. Berulang kali kekuasaan menggunakannya, berulang kali pula drama dan peristiwa tersebut berhasil mengalihkan pandangan kita. Layaknya ikan di kolam, kita tak bosan-bosanyna berulang kali memakan umpan pemancing, begitu pula rakyat yang tak tak jenuh-jenuh dipancing dengan isu, peristiwa dan tragedi-tragedi pengalih.

Dalam perspektif Sosiologis, Lewis Coser, seorang pakar konflik juga memiliki pandangan yang mirip dengan politik distraksi ala Colosseum Kaisar Roma. Ia memperkenalkan sebuah konsep bernama Katup Penyelamat (Safety Valve). Katup penyelamat merupakan sebuah institusi yang mengimbangi sebuah kegagalan, atau masalah yang menimpa sebuah sistem sosial. Sistem sosial dianggap sebagai sebuah kumpulan sub sistem atau komponen yang fungsional satu sama lainnya. Kegagalan fungsi pada sebuah sistem biasanya akan menimbulkan instabilitas terhadap sistem tersebut. Agar ketidakstabilan sistem tersebut tidak menimbulkan pergolakan lebih besar, maka secara sistem akan memproduksi sebuah sub sistem baru yang bisa menyelamatkan keseimbangan sistem. Sub sistem baru tersebut ibaratnya sebuah kasur empuk tempat kegagalan fungsional bisa jatuh secara lebih lunak, sehingga tidak meretakkan sistem secara keseluruhan. Sub sistem tersebut biasanya berakar dari basis sub sistem tradisional yang cenderung dianggap irrasional dalam sebuah peradaban modern. Dikarenakan bersifat irasional, sub sistem tersebut terkadang hanya bersifat temporal, hanya untuk kepentingan menyelamatkan stabilitas atau keseimbangan sistem sosial.

Secara psikologis, distraksi malah terkadang menjadi sebuah hal yang positif bagi individu. Perspektif psikologis merekomendasikan kepada seorang individu untuk membuat sebuah distraksi tatkala ingin mencapai sesuatu yang berada di luar tujuan utama. Distraksi diangap sebagai sebuah strategi positif dalam rangka mencapai sesuatu yang lain disamping tujuan awal yang menjadi fokus utama. Tentu saja perspektif mikro tersebut sangat berbau paradigma pengetahuan positivistik yang berusaha membangun keseimbangan sistem makro dan mikro sebagai alas terpenting analisis sosial.

Persoalannya tidak se sederhana di level micro psikologis. Keseimbangan sistem terkadang menjadi basis instrumen kekuasaan yang menolak perubahan struktural. Kecenderungan kekuasan yang mempertahankan order rejim memiliki logika yang tak jauh berbeda dimanapun, sehingga menggunakan distraksi sebagai upaya menjauhkan gerak perubahan dari inti persoalan struktur. Struktur sosial dan politik erat kaitannya dengan penguasaan sebuah golongan terhadap golongan masyarakat yang lemah, sehingga dinamika yang terjadi di dalamnya menjadi kondisi yang tak mungkin dihindari dalam rangka perubahan sistem yang lebih baik. Jika distraksi hanya terjadi di level individu, maka tak berakibat massif sehingga distraksi menjadi instrumen penting dalam rangka mencapai tujuan. Ketika diterapkan dalam struktur sosial yang lebih besar, maka akan tercipta sebuah stagnasi yang cenderung mengabadikan status quo yang belum tentu adil bagi golongan masyarakat lain.

Penggunaan politik distraksi atau Savety valve yang merupakan warisan kuno penguasa memang tak pernah lekang oleh waktu, malah menjadi praktik-praktik politik modern yang tumbuh subur dalam sebuah alam demokrasi. Kecenderungan kekuasaan adalah mempertahankan order system agar tetap stabil. Walau membuka peluang perubahan, namun diupayakan tak akan merubah fundamen sistem yang akan mengancam kekuasaan. Tinggal bagaimana rakyat tak terbuai untuk terus bisa fokus dengan arah perubahan yang diharapkan. Hanya satu cara untuk itu, yakni menjadi warga bangsa yang cerdas dan kritis terhadap buaian, pengalihan maupun sadar akan harapan menuju perubahan sistem yang lebih baik.


Tua Hasiholan Hutabarat

keajaiban Angka 1-10






Ternyata angka atau bilangan dengan menggunakan bahasa Indonesia memiliki struktur atau pola yang unik dan mungkin tidak akan ditemukan di bangsa lain. Hanya di Indonesia.

Setiap bangsa, negara dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh. Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.

Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah teman-teman masing-masing dari satu sampai sepuluh maka kadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Mungkin tergantung dari enaknya di lidah atau di telinga.

Langsung saja. Di sini saya bukan mengajarkan Anda berhitung tapi coba perhatikan deretan angka-angka di bawah ini.

1 = Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan

Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan. Mempunyai huruf awal yaitu S dan bila djiumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.

Begitu juga dengan Dua dan Delapan, Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Terurut sampai dengan angka Lima. Lima dijumlah dengan dirinya sendiri juga hasilnya sepuluh.

Tidak sampai di situ, ternyata huruf awalnya juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu. Misalnya Satu dan Sembilan sama-sama huruf awalnya adalah S yang secara kebetulan berada pada urutan 19 dalam alpabet. Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya maka hasilnya adalah 5. Bentuk angka 5 sangat identik dengan huruf S. Yang pernah membaca Matematika Alam Semesta, perlu ditambahkan bahwa 19 adalah angka TUHAN.

Kemudian Dua dan Delapan. Huruf awalnya adalah D yang urutan keempat. Bila delapan dibagi dua maka hasilnya adalah empat (pembenaran).

Selanjutnya Empat dan Enam. Huruf awalnya adalah E yang urutan kelima. Lima berada diantara Empat dan Enam (pembenaran lagi).

Sedangkan angka Lima huruf awalnya adalah L. Dimana L digunakan untuk simbol angka lima puluh dalam perhitungan Romawi (pembenaran yang masih nyambung).

Lalu bagaimana dengan Tiga dan Tujuh? Ternyata susah cari pembenarannya. Ditambah, dikurang, dibagi dan dikali ternyata belum juga ketemu. Tiga dikali tujuh hasilnya 21, kurang satu angka dengan huruf T yang urutan ke 20. Tapi simbol V digunakan untuk menunjukkan angka tujuh dalam perhitungan Arabic. Dan V diurutan ke-22.

Ternyata, tidak pakai matematika. Cukup ditulis saja di kertas kosong kemudian pasti bisa ketemu hubungannya. Coba tulis huruf T kecil (t) di sebuah kertas. Kemudian putar kertasnya 180 derajat maka kamu bisa lihat angka tujuh dengan jelas. Lalu bagaimana dengan angka tiga? Juga sama. Tulis huruf T besar di kertas pakai font Times New Roman kemudian putar 90 derajat ke kanan searah jarum jam. Tada…. Kamu pasti bisa lihat angka tiga dengan jelas. Tapi sedikit mancung. (pembenaran yang juga dipaksakan sekali).

Pola unik ini mungkin hanya bisa ditemukan di Indonesia. Lalu bagaimana dengan di Malaysia yang juga memakai bahasa yang sama? Ternyata di Malaysia angka 8 tidak disebut sebagai Delapan tapi Lapan. Jadi pola ini hanya milik Indonesia. Jangan sampai diklaim juga sama mereka.

Fakta Unik Tentang Bahasa Inggris

Ada beberapa fakta unik tentang bahasa Inggris yang mungkin belum diketahui anda, antara lain adalah :

1. Stewardesses adalah kata terpanjang yang dapat diketik di keyboard hanya dengan menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan untuk tangan kanan, lollipop adalah yang terpanjang.
2. Tidak ada kata dalam bahasa Inggris yang bersajak/berima dengan month, orange, silver, purple, angst dan scalp.
3. Dreamt adalah satu-satunya kata bahasa Inggris yang berakhir dengan huruf ‘mt’.
4. Kalimat The quick brown fox jumps over the lazy dog menggunakan setiap huruf yang ada dalam abjad.
5. Kata racecar, kayak dan level dapat dibaca bolak-balik dari kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri.
6. Hanya ada empat kata dalam bahasa Inggris yang berakhir dengan suku kata ‘dous’, yaitu: tremendous, horrendous, stupendous dan hazardous.
7. Ada dua kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan kelima huruf hidup secara berurutan (a, e, i, o, u), yaitu: abstemious dan facetious.
8. Typewriter adalah kata terpanjang yang dapat diketik menggunakan huruf-huruf yang terdapat pada satu baris tombol keyboard (baris QWERTY).
9. Huruf yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris adalah huruf ‘e’. Ini merupakan fakta baik dalam penggunaan bahasa Inggris secara umum, dalam karya fiksi dan non-fiksi, jurnalisme, kitab suci dan bahkan kode Morse!
10. Untuk huruf konsonan, huruf yang paling sering dipakai adalah huruf ‘t’.
11. Huruf yang paling sedikit digunakan dalam bahasa Inggris adalah ‘q’ – bukan ‘z’.
12. Lima huruf yang paling sering muncul sebagai huruf pertama dalam kata bahasa Inggris – secara berurutan – adalah ‘t’, ‘o’, ‘a’, ‘w’ dan ‘b’.
13. Hampir setengah dari seluruh kata bahasa Inggris diakhiri oleh huruf ‘e’, ‘t’, ‘d’ dan ‘s’.
14. The adalah kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Bila Anda tidak percaya, cobalah berbicara dalam bahasa Inggris standar yang benar selama 5 menit tanpa menggunakan kata ‘the’.

Why Boy Don't Listen & Girl Can't Stop Talking








Cewek berbeda dari cowok. Itu jelas. Kalo cowok mo ke toilet, biasanya dia pergi memang ada maksud dan tujuannya yang jelas, yaitu buang air (besar atau kecilnya nggak usah dibahas lah yau!)

Tapi cewek ke toilet selain tujuan utama, bisa aja ada tujuan lain, karena mo ngobrol atau pengen curhat sama temen cewek lainnya (terutama nyurhatin soal Pujaan Hati, kan ini satu-satunya tempat si PH nggak bisa ikutan masuk). Jadi jangan heran kalo cewek sering ngajak-ngajak cewek lain kalo mo ke toilet. Coba kalo Bang Darman tiba-tiba bilang gini ke Heri, "Her, gue mo ke toilet, ikut yuk?" Apa nggak bakal bengong tampang para mudikans...

Sebagian besar cowok suka mendominasi remote control TV dan gonta-ganti channel pas lagi iklan; padahal cewek nggak apa-apa tuh kalo nonton iklan.

Kalo stress, cewek nyari coklat dan pergi shopping; Kalo cowok stress,yang ngerokok pasti langsung ngepul asapnya, kalo nggak bisa jadi marah-marah atau malah diem aja.

"Cowok itu kurang sensitif, nggak ngasih perhatian, nggak dengerin kalo kita lagi ngomong, nggak hangat, suka diem aja, nggak keliatan sayangnya, nggak berani punya komitmen!"

"Cewek itu jarang yang bisa nyetir, kalo baca peta suka salah, suka bingung sendiri lagi ada di mana, kalo ngomong nggak bisa berhenti, udah gitu nggak ketauan maksudnya mo ngomongin apa,emangnya gue bisa baca pikirannya"

Sounds familiar nggak sih? Banyak hubungan cowok-cewek yang jadi ruwet karena cowok nggak ngerti kenapa cewek itu jalan pikirannya nggak bisa seperti cowok, dan cewek berharap cowok-cowok itu bisa ngerti jalan pikiran cewek. Nah, berangkat dari ke-frustasi-an hubungan cowok cewek di jaman modern ini, gue - eh salah - maksudnya sepasang suami istri Allan & Barbara Pease mengumpulkan hasil riset dari segala penjuru dunia dan dirangkum dalam buku mereka yang berjudul, "Why Men Don't Listen & Women Can't Read Map".
Inti dari buku tersebut adalah bahwa cowok dan cewek itu sebenernya telah berevolusi secara fisik tapi masih membawa kebiasaan dari cowok-cewek jaman purba. Pas jaman purba kan cowok berburu, cewek tinggal di gua. Cowok melindungi, cewek mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini. Selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus berubah dengan caranya masing-masing. Sampailah kita pada jaman modern ini, di mana ternyata cowok dan cewek itu berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi, prioritas dan tingkah lakunya juga beda. Kasus mentega di kulkas Setiap cewek di dunia pasti pernah mengalami ini. Kisahnya berawal dari cowok yang berdiri di depan kulkas yang terbuka...

Cowok : "Menteganya mana ya?"

Cewek : "Di dalem kulkas"

Cowok : "Nggak ada tuh" - sambil celingak-celinguk ke dalem kulkas...

Cewek : "Kok bisa nggak ada? Dari dulu juga ditaruh di kulkas"

Cowok : "Mana? Nggak ada. Gue udah cari.Nggak ada apa-apa tuh di kulkas"

Terus si Cewek akhirnya harus ikutan ke dapur, ikutan ngelongok ke kulkas dan ...secara ajaib bin sulap, tangannya udah megang mentega. Apa komentar selanjutnya dari si Cowok?

"Ditaruhnya di situ sih... terang aja tadi nggak keliatan!"

Kejadian semacam ini juga terulang kembali, ketika si Cowok mencari selai Strawberry dan tidak ketemu. Dia hanya menemukan selai Nanas, padahal selai Strawberry itu ada di belakang selai Nanas ...

haiya, cowok. Cowok kadang ngerasa cewek suka ngerjain mereka dengan cara ngumpetin barang-barang di laci atau lemari. Baik itu mentega, selai, gunting, handphone, kunci mobil, kunci rumah, dompet - semuanya sih sebenernya ada di situ. Tapi entah kenapa mata cowok kayaknya nggak bisa ngeliat.

Alasan sebenernya nih adalah karena cewek punya jangkauan sudut pandangan yang lebih besar daripada cowok. Bila diukur dari hidung, bisa mencapai 45? ke arah kiri-kanan-atas-bawah, bahkan ada yang mencapai 180?. Jadi cewek bisa liat isi kulkas atau lemari tanpa menggerakkan kepalanya. sementara cowok kalo ngeliat sesuatu lebih terfokus dan otaknya memproses seolah mereka ngeliat dalam terowongan yang panjang. Alhasil, mereka bisa ngeliat jelas dan akurat apa yang ada tepat di depan mata dan jaraknya lebih jauh, hampir mirip seperti ngeliat lewat teropong. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak cowok mencari kata M-E-N-T-E-G-A atau S-T-R-A-W-B-E-R-R-Y di kulkas. Kalo kotak mentega atau botol selainya salah arah, udah nggak keliatan deh. Makanya selama mencari kepalanya celingukan terus karena berusaha menemukan benda yang 'hilang' tersebut. Sebenernya ada implikasi lain dari perbedaan besar sudut pandang ini. Dengan sudut pandang yang jauh lebih besar dari cowok, mata cewek bisa ngelaba tanpa perlu takut ketahuan. Sementara kalo cowok, udah pasti kena tuduh atau ketangkep basah kalo matanya lagi jelalatan.

Penelitian mengungkapkan bahwa : mata cewek ngeliat bodi-bodi cowok sama seringnya, bahkan lebih sering, daripada cowok ngeliatin bodi-bodi cewek. Tapi, dengan daya pandang yang jauh lebih superior, cewek jarang ketahuan...

Kenapa Cewek Bisa Ngomong Terus ?Dalam struktur otak cewek, kemampuan untuk berbicara terutama ada di bagian depan otak kiri dan sebagian kecil di otak sebelah kanan. Sementara buat cowok, kemampuan berbicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang kritis. Adanya pun cuma di otak kiri dan tidak ada area yang spesifik. Jadi jangan heran kalau cewek seneng ngomong dan banyak pula yang diomongin, karena kedua belah otaknya mampu bekerja sekaligus. Otak cowok itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk. Di malam hari, setelah seharian penuh aktivitas, cowok bisa menyimpan semuanya di otaknya. Sementara otak cewek tidak bekerja seperti itu. informasi atau masalah yang diterimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya. Dan ini nggak akan berhenti sampe dia bisa mencurahkan isi otaknya alias curhat. Oleh sebab itu, kalo cewek bicara, tujuannya adalah untuk mengeluarkan uneg-unegnya, bukan untuk mencari kesimpulan atau solusi. Cewek juga berusaha membangun hubungan lewat pembicaraan. Rata-rata cewek bisa bicara 20 ribu kata dalam sehari. Sementara cowok hanya sekitar 7 ribu kata sehari. Perbedaan ini kelihatan jelas ketika jam makan malam tiba. Cowok sudah menghabiskan 7 ribu katanya dan nggak mood untuk bicara lebih lanjut. Persediaan si cewek tergantung dari apa yang sudah ia lakukan sepanjang hari. Kalau dia sudah banyak berbicara dengan orang lain hari itu, dia pun akan sedikit berbicara. Kalau dia tinggal di rumah saja, mungkin ia sudah menggunakan 3 ribuan kata. Masih ada 17 ribu lagi!

Cowok cuman bisa melakukan satu hal pada suatu waktu! Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak cowok lebih terspesialiasi, terbagi-bagi. Otak cowok berkembang sedemikian sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa ngerjain semuanya tapi 'satu-satu donk'. Kalo cowok minggirin mobil untuk baca peta, biasanya dia juga akan ngecilin suara radio atau tape. Banyak cewek yang bingung kenapa. Kan bisa aja baca peta sambil denger radio dan bicara. Kenapa cowok bersikeras ngecilin suara TV kalo ada telepon? Atau kadang cewek suka bingung "Kalo dia lagi baca koran atau nonton TV, kok dia nggak bisa denger tadi gue bilang apa?"

Jawabannya adalah karena sedikit sekali jaringan yang menghubungkan otak kiri dan kanan cowok, sehingga kalo cowok yang lagi baca koran atau nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa dia seketika itu juga jadi tuli.

Sementara otak cewek punya konstruksi yang memungkinkan cewek melakukan banyak hal sekaligus. Cewek bisa melakukan banyak hal yang sama sekali nggak berhubungan pada waktu bersamaan, dan otaknya nggak pernah putus, selalu aktif! Cewek bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak di dapur dan nonton TV. Atau dia bisa nyetir, dandan, dengerin radio dan bicara lewat hands-free. Bayangin aza si Epe yang lagi telp pake HP-nya terus sambil melakukan sesuatu yang laen (misalnya makan atau masak). Kalo dia cuma bisa melakukan 1 hal pada suatu waktu, wah gawat, bisa kebakaran jenggot kali, nanti kerjanya cuma telpon terus dong, he he.

Lain halnya dengan cowok, pernah terjadi juga kejadian begini. Si Cowok emang udah lapar banget dan dia makan dengan lahapnya di meja makan. Nah, kebetulan di atas meja itu ada beberapa surat yang hari itu dikirim untuk setiap penghuni lat. Sambil si Cowok makan, tangannya membuka satu amplop surat, maksudnya ingin makan sambil baca surat miliknya ... tapi apa yang terjadi, cowok itu salah buka surat, dia buka surat orang lain, he he he, bener-bener dah terbukti kalo "Man can't do more than one task at the same time". Tapi karena cewek bisa pakai 2 sisi otaknya secara bersamaan, banyak cewek yang bingung ngebedain kanan dari kiri. Sekitar 50% cewek nggak bisa secara langsung nunjuk mana kanan dan mana kiri kalau ditanya. Tapi cowok bisa secara langsung mengidentifikasi kanan dari kiri. Sebagai akibatnya, cewek sering dimarahin cowok karena nyuruh mereka belokin mobilnya ke kanan - padahal maksud mereka sebenernya adalah belok kiri.

Strategi 'Sepatu Biru atau Emas' Alkisah Bambang dan Fenny sedang siap-siap untuk pergi ke pesta. Fenny baru aja beli baju baru dan pengen banget keliatan cantik. Dia pegang 2 pasang sepatu, sepasang warna biru, sepasang warna emas. Lalu dia bertanya ke Bambang, dengan pertanyaan yang paling ditakutin cowok,

"Bang, yang mana yang musti Fenny pake dengan baju ini ya?" Keringet dingin Bambang mulai keluar. Dia sadar sebentar lagi bisa muncul salah.

"Ahh... umm... yang mana aja yang kamu suka Sayang," Gitu jawab Bambang.

"Ayo donk Bang," kata Fenny lagi, nggak sabaran, "Yang mana yang keliatan lebih bagus ... yang biru atau yang emas?"

"Kayaknya yang emas deh!" jawab Bambang, dengan gugup.

"Emangnya yang biru kenapa?" tuntut Fenny.

"Kamu emang dari dulu nggak pernah suka sama yang biru! Aku beli mahal-mahal dan kamu nggak suka, kan?" Bambang dalem hatinya mungkin udah dongkol

"Kalo nggak mau denger pendapatku, kok tadi nanya!" Bambang pikir tadi dia disuruh menyelesaikan suatu masalah, tapi ketika masalahnya sudah ia selesaikan, Fenny malah kesel. Fenny, tapinya, sedang menggunakan bahasa yang tipikal cewek alias cuman cewek yang ngerti: bahasa tidak langsung atau kerennya indirect speech. Fenny sebenernya udah mutusin mo pake sepatu yang mana dan tidak sedang minta pendapat; yang dia inginkan adalah konfirmasi dari Bambang bahwa ia terlihat cantik. Memang cewek kalo ngomong biasanya menggunakan indirect speech alias memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan. Tujuannya adalah untuk menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis satu sama lain. Indirect speech biasanya menggunakan kata-kata seperti 'kayaknya', 'sepertinya' dan sebagainya. Ketika cewek bicara menggunakan indirect speech ke cewek lain, tidak pernah ada masalah. cewek lain cukup sensitif untuk mengerti maksud sebenarnya. Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan cowok, bisa berakibat fatal. Cowok menggunakan bahasa langsung atau direct speech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang orang lain katakan. Tapi sebetulnya dengan sedikit kesabaran dan banyak latihan, cowok dan cewek bisa kok belajar untuk mengerti satu sama lain.Jadi kembali ke persoalan sepatu biru atau emas, bagaimana solusinya untuk kaum cowok? Sangatlah penting bagi kaum cowok untuk tidak memberikan jawaban secara langsung. Bila kita re-wind situasi tadi, Bambang harusnya bertanya,

"Kamu udah milih yang mana, Sayang?" Dan jawaban berikutnya biasanya,

"Ehm... Aku pikir aku bisa pake yang emas ...."

karena memang pada kenyataannya Fenny udah milih yang emas. "Kenapa yang emas?" tanya Bambang, sambil tersenyum cerdik. "Soalnya aku bakal pake asesoris warna emas dan bajuku ada pola keemasannya, " demikian jawab Fenny. Bambang kemudian dengan yakin akan bisa menjawab,

"Wow! Pilihan kamu bagus tuh Fen! Kamu bakal keliatan paling cantik nanti!" Dijamin malam itu Bambang akan sangat bahagia.

Masih inget kan betapa frustasinya manusia terhadap pasangan lain jenisnya?? Nah tapi sebetulnya dalam hati kita tuh masih butuh pasangan loh. Apalagi Tuhan sendiri kan yang pernah bilang, "Tidak baik kalau manusia sendirian saja." Jadi dalam perjalanan hidupnya manusia terus mencari siapa pasangan yang paling cocok untuk dirinya, supaya bisa terus bersama-sama dalam jangka waktu yang panjang alias seumur hidup...

Sebetulnya apa sih yang kita inginkan? Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu cewek dan cowok umur 17 - 60 tahun, terungkap apa yang cewek inginkan dari partner long-termnya dan apa yang cowok pikir cewek inginkan.

Yang cewek inginkan: Kepribadian, Humor, Sensitivitas, Kepandaian, Bodi yang bagus

Yang cowok pikir cewek inginkan: Kepribadian, Bodi yang bagus, Humor, Sensitivitas, Wajah yang tampan. Studi ini menunjukkan bahwa cowok sebenernya cukup mengerti apa yang cewek-cewek inginkan.Sekarang kita lihat apa yang cowok inginkan dan apa yang cewek pikir cowok inginkan.

Yang cowok inginkan: Kepribadian, Wajah yang cantik, Kepandaian, Humor, Bodi yang bagus

Yang cewek pikir cowok inginkan: Wajah yang cantik, Bodi yang bagus, Dada yang besar, Pantat yang ok.

Ternyata cewek kurang tahu kriteria yang cowok-cowok inginkan sebagai partner hidupnya. Cewek membuat asumsi berdasarkan tingkah laku yang mereka lihat atau dengar tentang cowok, yaitu cowok yang matanya terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi cewek.Daftar A adalah kriteria jangka pendek dan panjang dari apa yang cewek inginkan dari pasangannya. Sementara untuk cowok, daftar D adalah apa yang dia cari pertama kali ketika bertemu dengan cewek,tapi daftar C jangka-panjang. Jadi gimana donk???Jadi bisa disimpulkan kalo cowok-cewek itu memang makhluk paling unik yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua pihak supaya komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng. Ada beberapa tips khusus nih:

Buat Cowok: Buatlah lingkungan yang nyaman kalo lagi pengenmesra-mesraan. Cewek sensitif terhadap lingkungannya dan hormon estrogennya membuatnya sensitif terhadap cahaya.Ruangan yang agak redup membuat pupil mata mengecil, jadi orang bisa terlihat lebih menarik dan kulit-kulit yang kurang mulus atau berjerawat tidak jelas terlihat. Pendengaran cewek yang tajam berarti perlu musik yang tepat. Tempatnya pun harus bersih, yang tidak mudah diinterupsi orang lain. Ajak makan sejak jaman purbakala cowok sudah bertindak sebagai pencari makan, maka sewajarnyalah membawa cewek pergi makan bisa membangkitkan perasaan cewek. Mengajak cewek makan malam adalah peristiwa penting untuk cewek, walaupun dia sebenarnya nggak laper atau belaga nggak laper (kan lagi diet!), karena penyediaan makanan menunjukkan perhatian cowok terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya.

Bawalah bunga.Kebanyakan cowok tidak mengerti kekuatan dari seikat bunga segar. Mereka pikir, "Ngapain ngeluarin uang untuk sesuatu yang bakal mati dan dibuang dalam beberapa hari?" Lebih logis buat cowok untuk memberikan pohon dalam pot karena, dengan perhatian dan perawatan, pohon akan hidup – bahkan bisa dapet untung lagi! Seperti jualan mangga, duren, dsb. Tapi, cewek tidak melihatnya seperti ini - dia pengen seikat bunga segar sebagai tanda bahwa si cowok punya perhatian untuknya. Setelah beberapa hari, memang bunganya akan mati dan dibuang, tapi ini memberikan kesempatan untuk si cowok membeli seikat lagi dan memberikan perhatian lagi ke ceweknya. Bahasa tidak langsung Indirect speech adalah bagian dari cewek dan untuk membangun hubungan dengan cewek, cowok perlu mendengarkan dengan efektif, sambil mengeluarkan 'bunyi mendengarkan' seperti "O...,", "Ehm", dan bahasa tubuh yang tepat. Tidak usah memberikan pendapat atau solusi atau kelihatan bingung. Kalau cewek pengen curhat karena punya masalah, teknik yang harus dipakai cowok adalah dengan bertanya,Kamu mau aku mendengar sebagai cowok atau cewek?" kalau dia bilang sebagai cewek, dengarkan aja dan beri dukungan moral. Kalau dia bilang sebagai cowok, bolehlah tawarkan beberapa solusi.

Buat Cewek: Jangan interupsi kalau cowok lagi ngomong, Kalau ingin berkomunikasi dengan cowok, strategi jitunya adalah jangan menginterupsi kalau dia sedang berbicara. Sebenarnya ini sulit sekali untuk cewek, karena buat cewek ngomong rame-rame itu membangun hubungan dengan sesama dan menunjukkan partisipasi. Cewek juga terdorong untuk mengalihkan pembicaraan supaya si cowok kagum dengan pengetahuannya yang luas atau untuk membuat cowok merasa penting. Padahal kalimat-kalimat yang dikatakan cowok biasanya berorientasi pada suatu solusi dan dia perlu menyelesaikan kalimatnya, kalau tidak pembicaraan tersebut akan kehilangan maknanya.

Bahasa langsung. Supaya mendapat perhatian dari cowok, beritahukan apa yang ingin dibicarakan dan kapan, dengan kata lain buatlah agenda. Contohnya: "Aku ingin bicara sama kamu soal menangani masalah dengan bosku di kantor. Apakah kita bisa bicara setelah makan jam 7 malam nanti?" Ini lebih menarik untuk cowok, membuatnya merasa dihargai! Diam saja atau menggunakan bahasa tidak langsung hanya akan membuat cowok merasa disalahkan dan mereka menjadi defensif.Bagaimana memotivasi cowok?Cewek biasanya menggunakan kata "bisa": "Kamu bisa telpon aku nanti malam?" "Kamu bisa jemput aku?" Ini akan diterjemahkan cowok sebagai tantangan apakah dia bisa melakukannya atau tidak, tapi sama sekali tidak ada komitmen untuk melakukannya.Mereka kadang merasa dimanipulasi dan terpaksa memberikan jawaban "ya". Untuk memotivasi cowok, gunakan pertanyaan langsung untuk mendapatkan komitmennya. Contohnya, "Nanti malam kamu telpon aku kan?" menuntut komitmen untuk malam ini dan cowok harus menjawab "ya" atau "tidak".

Cowok tidak suka diberi nasihat. Cowok perlu merasa bahwa ia mampu memecahkan masalahnya sendiri. Mendiskusikan masalah dengan orang lain akan membebani orang tersebut. Dia bahkan tidak akan menceritakan masalahnya dengan temannya, kecuali jika dia pikir temannya punya solusi yang lebih baik. Ketika cewek berusaha membuat cowok menceritakan masalahnya, cowok menolak karena ia melihatnya sebagai sikap mengkritik, atau ia merasa bahwa cewek itu menganggapnya tidak kompeten dan ia punya solusi yang lebih baik dari si cowok. Padahal kenyataannya, maksud si cewek adalah untuk membuatnya merasa lebih baik dan sama sekali bukan tanda-tanda kelemahan. Jadi jangan beri nasihat ke cowok kecuali diminta. Katakan saja bahwa kamu yakin dia mampu menyelesaikan masalahnya.

Catatan kecil: Walaupun penulis artikel ini cewek, artikel ini ditulis dengan bahasa langsung, tidak ada maksud-maksud terselubung di baliknya. Nama-nama yang disebut di atas adalah fiktif, kesamaan nama dan tempat hanyalah kebetulan belaka. Isinya jangan 100% dianggap benar, terutama tipsnya, karena ini semua tergantung pada species cowok - cewek yang lagi didekati. Dan setiap penggunaan kata cowok atau cewek maksudnya adalah cowok dan cewek pada umumnya. Kalau ngerasa nggak seperti yang dideskripsikan, patut bersyukur donk, berarti anda memang unik dibanding yang lain.

Sejarah Musik Panting

A. SEJARAH MUSIK PANTING

Pada awalnya musik panting berasal dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Panting merupakan alat musik yang dipetik yang berbentuk seperti gabus Arab tetapi ukurannya lebih kecil. Pada waktu dulu musik panting hanya dimainkan secara perorangan atau secara solo. Karena semakin majunya perkembangan zaman dan musik panting akan lebih menarik jika dimainkan dengan beberapa alat musik lainnya, maka musik panting sekarang ini dimainkan dengan alat-alat musik seperti babun, gong,dan biola dan pemainnya juga terdiri dari beberapa orang. Nama musik panting berasal dari nama alat musik itu sendiri, karena pada musik panting yang terkenal alat musik nya dan yang sangat berperan adalah panting, sehingga musik tersebut dinamai musik panting. Orang yang pertama kali memberi nama sebagai musik panting adalah A. SARBAINI. Dan sampai sekarang ini musik panting terkenal sebagai musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan.






B. TOKOH-TOKOH MUSIK PANTING

Pada umumnya orang yang memainkan musik panting adalah masyarakat Banjar. Tokoh yang paling terkenal sebagai pemain panting adalah A. SARBAINI. Dan ada juga group-group musik panting yang lain. Tetapi sekarang ini seiring dengan adanya perkembangan zaman group musik panting menjadi semakin sedikit bahkan jarang ditemui.

C. ALAT-ALAT MUSIK PANTING

alat musik pantingAlat-alat musik panting terdiri dari :
a. Panting, alat musik yang berbentuk seperti gabus Arab tetapi lebih kecil dan memiliki senar. Panting dimainkan dengan cara dipetik.
b. Babun, alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk bulat, ditengahnya terdapat lubang, dan di sisi kanan dan kirinya dilapisi dengan kulit yang berasal dari kulit kambing. Babun dimainkan dengan cara dipukul.
c. Gong, biasanya terbuat dari aluminium berbentuk bulat dan ditengahnya terdapat benjolan berbentuk bulat. Gong dimainkan dengan cara dipukul.
d. Biola, sejenis alat gesek.
e. Suling bambu, dimainkan dengan cara ditiup.
f. Ketipak, bentuknya mirip tarbang tetapi ukurannya lebih kecil, dan kedua sisinya dilapisi dengan kulit.
g. Tamburin, alat musik pukul yang terbuat dari logam tipis dan biasanya masyarakat Banjar menyebut tamburin dengan nama guguncai.

D. CARA PENYAJIAN MUSIK PANTING

Menurut cara penyajiannya panting termasuk jenis musik ansambel campuran. Karena terdiri dari berbagai jenis alat musik. Dalam pertunjukan musik panting, biasanya jumlah pantingnya sebanyak 3 buah dan ditambah alat-alat musik lainnya. Musik panting disebut juga dengan nama japin apabila penyajiannnya diiringi dengan tarian. Musik panting disajikan dengan lagu-lagu yang biasanya bersyair pantun. Pantun tersebut berisi nasehat ataupun pantun petuah, dan pantun jenaka. Lagu yang dinyanyikan monotor, yang artinya musik tersebut dinyanyikan tanpa ada reff. Pemain musik panting memainkan musik tersebut dengan cara duduk, para pemain laki-laki duduk dengan bersila, sedangkan pemain perempuan duduk dengan bertelimpuh. Para pemain musik panting pada umumnya mengenakan pakaian Banjar. Yang laki-laki mengenakan peci sebagai tutup kepala sedangkan pemain perempuan menggunakan kerudung.

E. FUNGSI MUSIK PANTING

Musik panting mempunyai fungsi sebagai :
1. Sebagai hiburan, karena musiknya dan syair-syairnya yang terkadang jenaka dan dapat menghibur orang banyak. Oleh karena itu, musik panting sering digunakan pada acara perkawinan.
2. Sebagai sarana pendidikan, karena didalam musik panting syainya berisi tentang nasehat-nasehat dan petuah.
3. Sebagai musik yang memiliki nilai-nilai agama, karena musik-musiknya mengandung unsur-unsur agama.
4. Untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga masyarakat.
5. Sebagai kesenian musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan